Arsip Infografis  – Sejak pertama dilahirkan PlayStation telah mengguncang Jagat game dan membuat para pesaing kewalahan. Padahal di masa awalnya Sony harus melawan raksasa konsol yaitu Nintendo dan Sega bahkan terkesan diremehkan oleh mereka.

sejarah-game-playstation

PlayStation adalah ide dari Ken kutaragi eksekutif Sony yang memimpin divisi hardware. Dia kemudian yang akan dikenal sebagai bapak PlayStation Pada tahun 1988 Sony dan Nintendo yang saat itu adalah raja konsol game bekerjasama. Kutaragi berhasil meyakinkan Nintendo untuk menggunakan prosesor suara Sony SPC 700 dikonsol Smash kemudian Nintendo dan Sony juga sepakat untuk mengembangkan Eton cd-rom di SMASH.

Disebut awalnya sebagai Smash CD atau PlayStation. Sony juga ingin membuat konsol sendiri yang kompetibel dengan Smash yang akan dinamakan PlayStation. Selain buat main game bisa juga untuk memutar musik sesuai dengan keahlian Sony tapi presiden Nintendo saat itu Hiroshi yamauchi tidak senang karena Sony dinilainya terlalu banyak menuntut sehingga kemitraan mereka diakhiri atau terhenti.

Saat pecah kongsi tim PlayStation sangat Terpukul bahkan banyak eksekutif Sony yang kecewa dan menyesalkan kenapa Sony harus masuk ke bisnis game yang sangat tidak dikuasai oleh Sony pada saat itu. Meskipun gejolak internal tetap berlangsung Sony memutuskan jalan terus dan membuat konsol game perdana sendiri.

Baca juga perjanjian karyawan perusahaan

Mereka memang sempat mendekati Sega untuk kerjasama tapi ditolak. Sony tidak tahu bagaimana membuat hardware dan juga software kata CEO sega. Kutaragi bersama timnya airnya terus bekerja sangat keras agar ide konsol game buat ia tidak mengalami kegagalan atau disuntik mati oleh perusahaan.

Utaragi dan timnya akhirnya mengungkapkan prototip PlayStation yang berbasis cd-rom dengan grafis game yang sangat memukau pada saat itu. Presiden Sony norio ohga memberikan kepercayaan sepenuhnya proyek itu kepada kutaragi.

PlayStation pun menjadi salah satu cara balas dendam pada Nintendo ataupun Vega yang saat itu meremehkan Sony.Pada tahun1994 Sony sudah mengumumkan kepada pabrik bahwa mereka akan terjun ke industri game dengan konsol sendiri. Karena tidak memiliki pengalaman membuat game Sony giat berusaha mendapatkan dukungan dari developer game Konami, Menko dan Williams intertain adalah salah satu pendukung awal Sony.

Pada 3 Desember 1994 meluncur PlayStation generasi pertama seminggu setelah rilis konser kompetitornya yaitu Sega Saturn V. Sambutannya ternyata sangat meriah dimana gamer banyak mengantri panjang di Jepang pada hari pertama penjualan 100.000 unit PlayStation habis terjual.

Ketika diedarkan ke negara-negara lain PlayStation juga sukses besar karena selain produknya bagus, promosinya juga gila-gilaan. Penjualan PlayStation generasi pertama akhirnya tembus lebih dari 100 juta unit.

Merupakan konsol pertama yang bisa mencapai penjualan sebesar itu. Enam tahun berikutnya Sony merilis generasi PlayStation selanjutnya yang dinamakan Playstation 1. PS1 memiliki spesifikasi yang sama dengan generasi sebelumnya yang membedakannya dengan PlayStation adalah ukuran dan warna warninya.

Setelah Sega merilis konsol Sega dreamcast, Sony juga mengumumkan generasi kedua PlayStation yaitu PlayStation 2 di Tokyo game show pada tahun 1999. Hingga akhirnya PS2 dirilis pada Maret ke wilayah Jepang lebih dahulu menyusul wilayah Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 2001.

PS2 hadir dengan kombinasi warna hitam dan biru mengambil konsep bumi dan luar angkasa. Tercatat ada lebih dari 3800 judul game yang dirilis untuk konsol PS2 dengan lebih dari 1,5 milyar unit CD game yang terjual di seluruh dunia.

PlayStation 2 juga menjadi produk laris milik Sony yang sampai saat ini masih banyak dimainkan oleh banyak orang. Penjualan PlayStation to meledak hingga mencapai angka 15 juta unit. Pada tahun 2006 Sony akhirnya merilis PlayStation 3 di Jepang yang dikenal sebagai feat karena bentuknya gemuk konsol.

Generasi ketiga ini membawa sejumlah pembaruan yang cukup signifikan selain menampilkan grafis yang lebih baik karena ditunjang dengan spesifikasi yang dimiliki controllers dua sosok three pada PS3 juga sudah nirkabel. PS3 memiliki para pesaing kuat pada zaman peluncurannya bahkan hingga saat ini kompetitor PlayStation masih gencar bersaing dengan Sony.

Kompetitor PS3 pada saat itu seperti Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo. Para pengguna juga sudah tidak menemukan lagi fitur kartu memori karena PS3 sudah dibekali dengan hardisk di dalamnya dengan kapasitas hingga 250 GB.

Meskipun memberikan spesifikasi dan fitur yang lebih canggih tapi penjualan PS3 tidak sehebat PS2 di mana PS3nya berhasil terjual sebanyak lebih dari 70 juta unit. Ini membuat PS3 berada di bawah posisi keempat tepat di bawah Nintendo Wii yang berhasil terjual lebih dari 99 juta unit.

Pada tahun 2013 Sony akhirnya merilis konsol keempatnya yaitu Playstation 4 atau PS4 sudah memiliki teknologi yang luar biasa prosesor yang digunakan adalah AMD Jaguar 8 inti lalu ada chip dua juga untuk memperlancar multitasking yang membuat pengguna bisa mengupdate sambil mendownload game baru.

Umtuk urusan grafis tak perlu diragukan karena PS 4 mampu memainkan full HD dengan sangat nyaman bahkan rata-rata PS4 sudah mendukung full XD. PS 4 memiliki desain yang futuristik ditambah controller yang juga futuristik Sony masih mempertahankan controller nirkabel namun kali ini controller PES for memiliki toucpad yang berguna untuk mengarahkan kursor.

Era grafis Foke dan SDR membuat Sony menciptakan varian konsol tertinggi yaitu PlayStation for Pro pada tahun 2016
Pada tahun 2020 Sony merilis PSV yang memiliki spesifikasi gahar dengan fitur yang paling mutakhir. Dibandingkan dengan pendahulunya PS 5 ini dibekali dengan sejumlah peningkatan spesifikasi.

Salah satu yang mencolok berasal dari komponen media penyimpanan yang kini menggunakan SSD so iPad drive ketimbang hardisk. SSD sendiri seperti diketahui memiliki kecepatan read dan Rich Speed yang lebih ngebut dibandingkan dengan harddisk.

Bahkan LED system arsitek of PlayStation 5- sempat mengklaim bahwa berkat SSD vs five hanya membutuhkan waktu 2,7 detik untuk memuat sebuah game. Untuk sektor dapur pacu PS 5 dipersenjatai dengan delapan prosesor AMD Z2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GHz.

Terang dengan kapasitas 16 GB gddr6 256 bit kemampuan olah grafis PSV sendiri mengandalkan GP imtc yang memiliki 36 komputer unit berkecepatan 2,23 GHz dengan daya komputasi sebesar 10,8 teraflop. Tkdak ketinggalan PS5 uga sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi yaitu 8k dibandingkan dengan PS4 yang mentok pada resolusi 4K.

PlayStation telah menjadi salah satu titik balik kesuksesan Sony merevolusi teknologi penyimpanan dan grafis membuat disrupsi besar terhadap pemain lama yang sudah mapan sehingga membangun iklim kompetisi teknologi yang melahirkan banyak sekali inovasi teknologi digital.

Selain itu strategi Sony desktop game juga sangat situ tidak seperti Nintendo yang fokus membuat game sendiri. Sony banyak mengandalkan developer game dari luar yang akhirnya berkolaborasi membuat game-game menarik dan menuai banyak peminat.

Sony mampu membuat dukungan dari pihak ketiga yang sebelumnya membuat game PC itu adalah keberhasilan besar. Kata Michael baxter analis with bus kritis yang dikutip dari used today.

Studio Sony juga menghasilkan game-game tenar sebut saja God of War, Grand Turismo dan and captured itu adalah keunggulan khusus yang mampu mendorong Sony memimpin penjualan dari Xbox secara dominan.

Kesuksesan PlayStation benar-benar mengubah peta Persaingan di jagat game dominasi, Nintendo terganggu Sega terdekat dari bisnis konsol dan Microsoft masuk dengan konsol Xbox. Karena cemas PlayStation akan merusak dominasi game PC.

Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari suksesnya PlayStation Sony termasuk kerjasama atau kolaborasi yang melahirkan banyak sekali kemajuan ekonomi digital.