Seiring dengan perkembangan teknologi, transaksi on-line terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ini membuktikan bahwa masyarakat semakin nyaman melakukan kebiasaan belanja melalui daring. Dimana untuk bertransaksi, pelanggan dimudahkan dengan berbagai sistem pembayaran yang ada. Sehingga pemilik bisnis sebaiknya menyediakan beberapa sistem berikut ini.

Sistem Pembayaran yang Perlu Disediakan Toko On-line

1. Transfer Bank

Cara pembayaran melalui transfer bank merupakan yang paling umum dan banyak dilakukan ketika seseorang belanja produk di toko on-line. Sehingga anda sebagai pelaku bisnis harus bisa menerima pembayaran dengan metode tersebut, apabila ingin bersaing di antara usaha usaha lainnya yang sejenis.

Transfer bank sendiri menjadi model yang populer karena para pelanggan anda umumnya telah familiar dengan sistem ini. Sebab sekarang hampir semua orang telah memiliki akun rekening di bank. Bahkan ketika menerima gaji pun biasanya dilakukan melalui transfer bank. Itulah kenapa sistem tersebut wajib ada di toko on-line untuk mempermudah transaksi dengan konsumen.

2. Dompet Digital

Pembayaran transaksi on-line dapat dilakukan menggunakan layanan dompet digital atau e-wallet. Layanan tersebut semakin hari memang semakin populer berkat kepraktisan yang ditawarkan. Sebut saja seperti OVO, LinkAja, DANA, GoPay, dan masih banyak lagi. Cukup dengan menginput nomor tertentu dan nominal produk akan tertera secara otomatis.

3. Kartu Debit/Kredit

Sama mudahnya, pelanggan juga bisa memilih menggunakan kartu kredit atau debit untuk melakukan pembayaran produk di toko on-line. Caranya yaitu dengan memasukkan data kartu ke dalam layanan pembayaran, maka transaksi pun akan dilakukan secara otomatis. Kepraktisan ini membuat masyarakat kerap memilihnya sebagai metode pembayaran.

4. Toko Retail Modern

Meskipun transaksi dilakukan secara on-line, bukan berarti pelanggan hanya dapat melakukan pembayaran menggunakan uang digital saja. Sebab ada pula pembayaran melalui toko retail modern yang memungkinkan konsumen untuk membayar menggunakan uang tunai secara langsung.

Cara tersebut bisa memudahkan mereka yang tidak memiliki akun rekening di bank, kartu kredit, maupun e-wallet. Sehingga anda yang menjadi pelaku bisnis sebaiknya menyediakan layanan pembayaran seperti itu. Alhasil anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen, dan pelanggan pun terbantu karena bisa membeli produk dengan mudah meskipun tidak memiliki akun pembayaran.

5. QR Codes

Selain cara pembayaran transaksi on-line seperti yang telah disebutkan, ada juga yang namanya QR codes. Kode QR ini memungkinkan pelanggan untuk memindai kode dan melakukan pembayaran secara otomatis. Jadi hanya dengan satu kode saja, konsumen tidak perlu mengisi rincian harga untuk membayar produk yang hendak dibeli.

Itulah beberapa macam cara pembayaran transaksi secara on-line yang banyak dipilih oleh masyarakat. Oleh karena itu, pemilik usaha sebaiknya dapat menerima pembayaran dengan cara tersebut untuk memfasilitasi konsumen. Caranya yaitu dengan menerapkan sistem payment gateway seperti Duitku. Yang memungkinkan anda menerima semua pembayaran dengan berbagai cara dalam satu akun rekening.