Abdya-ORBIT: LSM Koalisi Masyarakat Pejuang Keadilan (Kompak) secara formal melaporkan masalah kehilangan tiga pipa oksigen di Rumahsakit Umum Daerah (RSUD) Tengkeu Peukan ke Polres Aceh Barat Daya.

“Awalnya kami meminta Pihak RSUD Teungku Peukan yang melaporkan lansung, namun sesudah kami melakukan kontrol dan berkoordinasi bersama pihak Polres. Aneh masalah kehilangan pipa Flow Meter Tokico pendistribusian gas atau oksigen ke ruangan pasien berikut belum tersedia yang melaporkan.

Ia menyebutkan, RSUD Teungku Peukan itu tidak dulu sepi dan termasuk punya pejaga keamanan setiap harinya piket dan apalagi terkecuali pipa berikut bukan barang kecil atau barang yang enteng disembunyikan.

“Ini sangat aneh kan terkecuali pipa berikut mampu hilang begitu saja,” imbuhnya.Dirinya termasuk tak mau menduga-duga siapa yang membuat kehilangan tersebut. “Ini adalah aset negara maka kami meminta pihak kepolisian Aceh Barat Daya untuk melakukan penyelidikan dan mengusut masalah kehilangan pipa ini hingga tuntas,” mengetahui dia.

Adapun pipa pendistribusian gas atau oksigen yang hilang tersebut, seutuhnya tersedia tiga type pipa yang terbuat berasal dari bahan tembaga dan punya tiga jeniswarna.

Pertama pipa warna emas digunakan untuk penyaluran oksigen berasal dari tabung oksigen ke kamar pasien.

Kedua, pipa warna merah digunakan sebagai saluran pendistribusian Nitrous-Oxside (N2O). Sementara yang ketiga pipa warna kuning dipergunakan untuk penyaluran gas lewat kompresor ke ruangan operasi (Peratie Kamer).

Ketiga type pipa yang disinyalir hilang berikut spesifik diperuntukkan untuk kebutuhan pendistribusian sistem Intalasi Gas Medis (IGM) atau sentral medis yang dihubungkan ke kamar pasien RSUD.

“Dalam saat dekat ini, kami termasuk bakal meminta daftar semua Aset dipemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya. Agar kami mampu menegaskan terkecuali Aset yang lain tidak punya nasib yang serupa layaknya pipa pendistribusian gas atau oksigen di RSUD Teungku Peukan. Menyelamat aset negara adalah bagian berasal dari menyelamatkan Kabupaten Aceh Barat Daya

By toha