Hanya karena tempat kerja kita hanya memerlukan beberapa langkah dari tempat tidur, bukan berarti tidak ada tantangan untuk menjadi produktif. Ada banyak hal yang dapat mengalihkan focus kita ketika bekerja di rumah sendiri daripada bekerja langsung di kantor coworking space Jakarta Pusat. Selain itu, terlena akan kenyamanan juga menjadi salah satu faktor menurunnya produktifitas. Untuk menjaganya, diperlukan niat dan rasa disiplin yang tinggi. 

Namun jangan khawatir, kali ini kita akan mengetahui beberapa tips untuk tetap produktif ketika bekerja secara remote.

  1. Matikan Notifikasi E-Mail

    Mendengarkan suara notif email mungkin terasa remeh. Namun jangan salah sangka, hal ini dapat membunuh semangat juang (morale). Matikanlah notifikasi tersebut, lalu tetapkan jadwal untuk mengecek email setiap 3 kali sehari. Satu di pagi hari, satu sebelum makan siang, dan yang terakhir saat akhir hari. Dengan begitu, rasa beban dari masuknya daftar pekerjaan secara terus – menerus tanpa henti seharian bisa terminimalisasi.

  2. Lakukan Hal Lain Terlebih Dahulu

    Ketika bangun tidur dan langsung melompat ke tempat kerja tidak begitu disarankan. Ada persentase tinggi bahwa kita tidak akan bertahan lama. Mulailah hari dengan hal – hal yang dapat menyegarkan pikiran. Kegiatan tersebut dapat berupa olahraga, menonton podcast, membaca buku dan hal positif lainnya. Bersantai pun tidak apa – apa asalkan tidak berlarut – larut. Semua ini dilakukan untuk membangun mood yang positif

  3. Memilah Waktu

    Salah satu keunggulan terbesar dari bekerja secara remote di rumah adalah kita tidak harus bekerja sepanjang hari tanpa jeda dari jam 8 pagi sampai malam. Rata – rata pekerjaan remote tidak berfokus pada waktu, melainkan target pencapaian. Oleh karena itu, manajemen waktu akan menjadi sangat berguna. 

    Pilahlah waktu dengan baik. Kapan harus bekerja, kapan harus istirahat dan sebagainya. Dengan begitu, mengontrol aliran kerja akan menjadi lebih muda. Selain itu, kita juga bisa mengantisipasi gangguan alami yang terjadi ketika bekerja di rumah

  4. Menetapkan Ruang Pribadi

    Meskipun anda memilki kecenderungan untuk merubah lokasi tempat kerja, tetap buatlah lingkungan kerja yang lengkap. Sebuah tempat yang bisa kita andalkan untuk bersandar. Pastikan ruangan tersebut disusun senyaman mungkin dan tesedia segala hal yang mendukung pekerjaan.

    Tempat ini juga akan menjadi markas ketenangan. Selalu tutup pintu ketika mulai bekerja di dalam ruangan tersebut. Terkadang, mengatakan tidak kepada anggota keluarga adalah hal yang sulit. Dengan menetapkan standar, yakni ‘ tutup pintu ‘, maka pihak keluarga akan paham bahwa anda sedang fokus

  5. Keluarlah Ke Dunia Luar

    Bekerja secara remote bukan berarti kita hanya bisa bertempat di rumah kita. Inti dari pekerjaan remote hanyalah terpisah dari kantor coworking space Jakarta. Oleh karena itu, sesekali bekerjalah di tempat lain yang sekiranya nyaman, dan bahkan dapat meningkatkan semangat. Anda bisa pergi ke café, perpustakaan, tempat makan ataupun tempat lainnya selama tidak mengganggu

  6. Ceritakan Aktifitas Pekerjaan Pada Seseorang

    Merasakan kepuasan ketika selesai bekerja dapat memberikan rasa lega pada diri. Entah itu boss anda, rekan kerja atau bahkan anggota keluarga. Biarkan mereka mengetahui pencapaian yang telah kita lalui. Tidak perlu secara formal, ceritakanlah dengan santai seperti anda mengobrol.

    Meskipun bekerja di rumah terdengan nyaman dan sangat mudah, terdapat rintangan tersendiri yang dihadapai, dan hanya diri kita yang tahu betul metode yang ampuh dalam menghadapinya. Rintangan – rintangan tersebut akan menjadi beban yang berat bila tidak segera diatasi dengan baik sehingga mempengaruhi efektifitas dalam bekerja.