Tips Interview untuk Fresh Graduate

 

Lulus tepat waktu dan langsung mendapatkan pekerjaan merupakan harapan bagi siswa ataupun mahasiswa. Dalam mencari pekerjaan tidak dapat lepas dari yang namanya proses interview, proses ini cukup mudah untuk ditempuh. Maka dari itu perlu memahami tips interview.

Bagaimana Tips Interview yang Benar untuk Fresh Graduate?

Jangan pesimis untuk Anda yang baru lulus dan masih mau mengikuti beberapa tes / interview. Di bawah ini ada beberapa poin penting yang bisa diaplikasikan:

1. Jangan Meminta Gaji terlalu Tinggi

Tips interview pertama yang wajib untuk dilakukan orang fresh gradute yaitu meminta gaji terlalu tinggi. Gaji tinggi memang menjadi tujuan utama dalam bekerja, akan tetapi untuk fresh graduate hal ini perlu adanya tahap kenaikan.

Jika HRD menanyakan nominal gaji yang diinginkan, pastikan menyebutkan jumlah sewajarnya saja. Hal ini lantaran bisa jadi sebuah pertanyaan jebakan. Agar gaji mengalami kenaikan, usahakan memberi pelayanan dan juga kontribusi terbaik untuk perusahaan.

2. Jangan Bertanya Terkait Libur

Poin berikutnya yang bisa dijadikan sebagai tips interview yaitu jangan menanyakan hari libur. Jika baru interview saja sudah menanyakan libur, pasti HRD akan berpikir dua kali untuk menerima Anda. Biarkan HRD menjelaskan terkait fasilitas yang diberikan oleh perusahaan.

Jika penjelasan yang diberikan belum jelas, pastikan untuk bertanya dengan sopan. Saat berhasil diterima pada perusahaan yang dilamar, hindari meminta libur terlalu sering dengan berbagai alasan. Gunakan hari libur yang di berikan sebaik mungkin.

3. Memperkenalkan Diri dengan Jujur

Selain kedua tips interview diatas, memperkenalkan diri dengan jujur juga dapat dilakukan oleh fresh graduate. Usahakan mengenalkan diri dengan sungguh-sungguh. Jika mempunyai kelebihan beritau HRD terkait hal tersebut.

Jika tidak mempunyai kelebihan yang dapat di tunjukkan, Anda bisa membuat kesepakatan dengan HRD jika diterima pada perusahaan, contohnya yaitu komitmen untuk belajar hal-hal baru dan juga mengikuti berbagai perkembangan yang terdapat pada perusahan.

Tips-tips diatas sebenarnya mudah sekali untuk dipelajari, namun sebagian orang sering mengabaikannya. Padahal ketiganya sangat berpengaruh penting dalam dunia kerja. Bagi orang yang paham terkait etika, tips di atas mungkin sudah sering ditemui.

Nah itulah tiga tips yang dapat dijadikan pembelajaran sebelum melakukan interview kerja. Tidak hanya berguna sebagai pedoman interview saja, tips diatas juga dapat dijadikan pedoman saat bekerja. Oleh sebab itu, pastikan untuk memahami tips interview.

By roket