Cara Mengedit Video di Laptop yang Mudah, Cocok Buat Pemula - Tekno  Liputan6.com

Jika Anda seorang pemula di bidang videografi, tentunya Anda perlu menguasai berbagai teknik tentang cara mengedit video yang benar.

bagaimana bisa? Salah satu tahapan akhir dari menyelesaikan proses pembuatan video adalah melakukan editing yang tentunya tidak mudah.

Maka Glints telah menyiapkan beberapa tips edit video khusus bagi mereka yang tertarik menjadi videografer.

Tips Mengedit Video untuk Pemula

Seperti yang dijelaskan Glints, bahkan jika Anda pandai merekam gambar, mengedit masih merupakan langkah terakhir yang harus dilakukan seorang videografer.

Ya, teknologi yang digunakan editor video untuk membentuk cerita telah mengungkapkan banyak hal tentang cara orang membuat informasi secara visual.

Menggunakan rekaman mentah yang sama, dua suntingan berbeda dapat membuat dua video yang sama sekali berbeda.

Namun, editor yang baik harus selalu menyelaraskan dengan sudut pandang audiens dan dapat menggunakan pengetahuan mereka untuk membangun cerita yang menarik.

Jadi, para pemula tidak perlu grogi, yang perlu mereka lakukan hanyalah menguasai keterampilan mengedit video yang disediakan khusus untuk para pionir dunia video.

Nah, berikut ini lima tips mengedit video yang perlu diketahui pemula, terlebih lagi bagi kamu yang ingin membuat Video Company Profile:

  1. Pilih perangkat lunak yang tepat

Tip pertama sebelum mengedit video adalah mempertimbangkan perangkat lunak terbaik.

Bahkan, Anda dapat dengan mudah mendapatkan semua perangkat lunak yang Anda butuhkan untuk mengedit video secara online.

Namun, Anda tetap harus memilih salah satunya. Anda dapat mempertimbangkannya dengan melihat kegunaan, antarmuka pengguna, dan fitur pendukungnya.

Kuncinya adalah memilih perangkat lunak yang tepat untuk gaya pengeditan Anda, bukan hanya karena program pengeditan video yang Anda pilih adalah yang paling canggih.

Menurut Adorama, perangkat lunak pengeditan video terbaik adalah After Effects, Premiere Pro, Avid Media Composer, Final Cut Pro, dan DaVinci Resolve, yang menawarkan versi Lite gratis dengan alat pengeditan lengkap.

  1. Perhatikan bahasa tubuh subjek

Selanjutnya adalah mengawasi pergerakan tubuh subjek di kamera.

mengapa demikian? Sebab, selama kamera menyala, subjek bisa mengungkapkan banyak hal melalui bahasa tubuhnya.

Selain itu, bahasa tubuh setiap orang akan memiliki nada dan ritme yang unik.

Jadi, jika Anda telah menyoroti gerakan tubuh subjek dan menangkap detail kecil seperti cara subjek berbicara atau gerakan yang mereka buat saat mereka bergerak, hindari mengedit klip secara berlebihan.

Selain itu, bahasa tubuh membuat durasi pengambilan gambar terkadang sulit dihilangkan saat mengedit video.

Jika editor tidak responsif dan memotong banyak klip dengan tidak memperhatikan bahasa tubuh subjek, penonton akan malu menonton adegan itu.

  1. Jangan ragu untuk mengedit kesalahan

Tips mengedit video untuk pemula selanjutnya adalah menghilangkan kesalahan yang dilakukan saat merekam.

Menurut Goliath, mengedit kesalahan teknis kecil atau memperbaiki skenario di mana subjeknya tidak terlihat bagus adalah hal yang biasa.

Namun, jika Anda dapat melakukannya, Anda akan memiliki keunggulan dibandingkan videografer lain.

Salah satu cara umum untuk mengedit secara tidak benar adalah dengan memotong adegan.

Teknik ini melibatkan pengeditan dari satu bidikan ke bidikan lainnya dan menyisipkan gambar dari berbagai sudut dan pemandangan.

  1. Percantik video Anda dengan nada warna

Warna adalah elemen kunci yang dapat dimanipulasi untuk menonjolkan tema tertentu, membangkitkan emosi, dan mengatur suasana hati dalam sebuah adegan.

Untungnya, program pengeditan video sudah menawarkan banyak opsi dalam hal pengeditan warna akhir-akhir ini.

Seringkali, editor melakukan koreksi warna untuk memastikan mood dalam bidikan konsisten di setiap adegan, dan color grade untuk memberikan video tampilan yang unik.

Keduanya sangat penting ketika Anda ingin rekaman terlihat realistis dan emosi penonton berperan dalam video.

  1. Ikuti Aturan 321

Satu tip pengeditan video terakhir untuk pemula adalah mengikuti Aturan 321.

Mengutip Creativebloq, pakar pengeditan video akan selalu mengikuti Aturan 321. Artinya, memiliki tiga salinan di dua tempat berbeda, salah satunya disimpan secara online.

Layanan online seperti Google Drive adalah tempat yang tepat untuk mencadangkan file Anda.

Berikut adalah lima tips mengedit video yang perlu diketahui oleh pemula video.

Proses penyuntingan bisa menjadi momok yang menakutkan bagi para pionir fotografi, tetapi ini sangat penting untuk nilai penerbitan video.

Yang terpenting adalah tetap percaya diri dan mengetahui teknik editing video agar proses editing berjalan lancar.