Di barisan handphone P30 seri-nya, Huawei sediakan satu handphone versus murahnya yaitu P30 Lite.

Seperti telah diumumkan awalnya, Huawei P30 Lite datang bernama berlainan di sejumlah Negara. Versus global memakai nama P30 Lite. Dan di Cina akan memakai nama Nova 4e.

Ulasan Huawei P30 Lite: Ekonomis, Kepuasan Tidak Minimalis

Sama dengan namanya yang memasangkan kata Lite, piranti ini mempunyai detail yang lebih simpel dari seri P30 yang lain.

Ketidaksamaan berarti dari ke-3 seri P30 ini ialah Huawei P30 Lite walau masuk ke barisan seri P tidak diberi oleh camera Leica. Meskipun begitu, Huawei P30 Lite memprioritaskan camera dan perform sebagai feature unggulannya.

Huawei P30 Lite dipasangkan tehnologi AI dan feature GPU Turbo masih tetap datang di handphone ini.

Huawei P30 Lite mempunyai penampilan yang paling serupa dengan seri Nova, ditambah dengan tidak ada tulisan Leica yang umumnya menempel di dekat camera seri P.

Handphone ini tampil cukup kuat dan menawan karena bebatan material kaca warna Midnight Black. Huawei P30 Lite mempunyai dimensi 152.9 x 72.7 x 7.4 mm dan berat 159 g.

Saat dipegang, handphone ini cukup nyaman dan tidak begitu berat. Pojok lengkung di seginya menambahkan kenyamanan saat dipegang.

Kekurangan yang cukup mengusik dari design handphone ini menurut saya ialah tapak jejak tangan gampang sekali ketinggalan hingga handphone jadi kelihatan gampang kotor.

Bila dua seri yang lain memakai monitor OLED, Huawei P30 Lite diberi monitor IPS LCD memiliki ukuran 6,15 inch memiliki resolusi 2312 x 1080 piksel. Di atas monitor ada notch waterdrop sebagai tempat camera selfie memiliki resolusi 32MP dan speaker receiver.

Sama dengan seri P30, Huawei P30 Lite pun tidak memiliki monitor meliuk seperti pada seri P30 Pro.

Pada bagian belakang ada tiga camera yang tersusun secara vertical disebelah kiri dan LED flash ada di bawah formasi camera. Di samping camera ada bulatan pemindai sidik jemari.

Disebelah kanan ditemui tombol volume up dan down dan tombol power. Sementara disebelah kirinya polos tidak ada apapun.

MicroUSB 2.0, sebuah speaker, jack audio 3,5mm, lubang mic terpatri pada bagian bawah. Sementara pada bagian atas ada slots untuk 2 SIM Card di mana yang satu berperan hybrid sebagai slots SD Card.

Untuk mendukung performa smartphne ini Huawei memasukkan chipset Kirin 710 dengan processor Octa-core dan GPU Mali-G51 MP4. Penyimpanannya didukung RAM 6GB, ROM 128GB dan slots MicroSD sampai 512GB.

Support tehnologi GPU Turbo berbasiskan AI sanggup memberi perform optimal khususnya ketika bermain games. Selainnya perform maksimal, tehnologi GPU Turbo sanggup membuat ketahanan battery lebih irit.

Tes performnya, saya lakukan beberapa test seperti test benchmark, bermain games, melihat video dan film dan dengarkan musik. Program Benchmark yang dipakai ialah AnTuTu dan Geekbench 4.

Dalam pengukur itu, program AnTuTu menulis score 12943

Dan Geekbench 4 memperliatkan angka 1512 untuk singgel core dan 5300 untuk multi core.

Untuk energinya, handphone ini didukung battery memiliki 3340mAh.

Untuk operasionalisasinya, Huawei P30 Lite jalan dengan mekanisme operasi Android 9.0 Pie berbalut penampilan EMUI 9.0.

Sama dengan seri P30 yang lain, Huawei P30 Lite tawarkan beberapa opsi program untuk keperluan data transfer seperti Huawei Sharing dan Phone Clone. Yang membandingkan, seri P30 Lite ini tidak sediakan feature NFC. Ini bisa dimengerti ingat Huawei P30 Lite ialah versus dapat dijangkau.

Untuk keamanan piranti, tidak ada yang lain dari piranti ini dengan seri P30 yang lain. Fingerprint, Face Recognition masih terpasang di Huawei P30 Lite. Namun pemindai sidik jemari (fingerprint) pada piranti ini tidak berbentuk in screen tetapi ditempatkan pada bagian belakang handphone.

Pemindai sidik jemari di Huawei P30 Lite berperan secara baik dan cuman memerlukan waktu 0,25 detik untuk mengenalnya. Pada keadaan jemari basah feature ini mampu bekerja.

Pengenal muka dapat berperan dengan pojok kemiringan 45 derajat baik segi kanan – kiri atau atas – bawah muka. Di saat alat rekaman muka saya memakai kacamata, saat kacamata dilepaskan sensor masih bisa mengenal.

Handphone ini dipasangkan tiga camera khusus memiliki resolusi 24MP, 8MP dan 2MP. Camera khusus dan selfie Huawei P30 Lite disokong tehnologi AI yang sanggup mengenal object dan menyesuaikan dengan skenario yang ada hingga hasil photo dapat semakin optimal.

Walau tidak memiliki camera garapan Leica pada umumnya photo yang dibuat Huawei P30 Lite bisa dihandalkan untuk yang memerlukannya untuk share di sosial media. Photo bokehnya juga cukup rapi.

Model ambil gambar di piranti ini sama dengan seri P30 yang lain terkecuali tidak ada model apperture. Walau tidak ada model apperture, Huawei P30 Lite mampu hasilkan photo bokeh dengan aktifkan feature AI dimode foto atau juga bisa memakai model portrait.

Piranti ini tidak dukungan untuk ambil gambar dengan berlebihane zoom. Huawei P30 Lite cuman sanggup lakukan 6x Zoom.

Huawei P30 Lite sediakan ambil gambar dengan lensa wide hingga bisa tangkap gambar dengan pojok yang lebih lega.

Untuk ambil swa photo, Huawei P30 Lite memasangkan camera 32MP yang ada di notch waterdrop.

Untuk pemakai yang mempunyai anggaran berbatas tapi ingin mempunyai handphone seri P punya Huawei, versus P30 Lite ini pantas untuk dipunyai. Namun tidak boleh mengharap memperoleh sensai kemewahan sama seperti yang dijajakan dua seri yang lain yaitu Huawei P30 apa lagi Huawei P30 Pro. Tetapi kekuatan photografi piranti ini dapat diacungkan jempol untuk handphone dalam kelasnya.

 

Baca juga Situs Rekomendasi Produk Alat Dapur, Kecantikan, Kesehatan, Dan Perlengkapan Bayi Untuk Para Ibu

By dzail