Update Windows 11 Diluncurkan di Jajaran laptop ASUS 

Setelah bermitra dengan Microsoft , ASUS kini telah mengumumkan bahwa ratusan laptop ASUS dan ROG akan segera mendapatkan upgrade Windows 11 secara gratis  dalam beberapa minggu dan bulan mendatang karena upgrade Windows terbaru kini telah mulai diluncurkan.

Windows 11 memang pasangan yang cocok untuk laptop jenis gaming maupun laptop bisnis terbaik yang dikeluarkan oleh brand besar ASUS, dengan performa yang sangat baik tentunya harus memilliki OS yang mumpuni seperti yang dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak ternama Microsoft

Microsoft memulai peluncuran Windows 11 kemarin, 5 Oktober, dan ini adalah pembaruan yang bertahap, yang berarti perangkat yang paling memenuhi syarat akan mendapatkan pembaruan lebih cepat, sementara PC/laptop yang lebih tua namun masih memenuhi syarat akan mendapatkan pembaruan paling lambat pada pertengahan 2022.

Sedangkan untuk perangkat ASUS, berikut ini adalah pilihan laptop ASUS dan ROG yang dijamin mendapatkan update Windows terbaru:

Zenbook Pro Duo 15 OLED (UX582)

Zenbook Duo 14 (UX482)

Zenbook 14 (UX425)

Zenbook Flip 13 OLED (UX363)

Zenbook 13 OLED (UX325/UM325)

TUF Dash F15 (FX516)

Zephyrus G14 (GA401)

Zephyrus G15 (GA503)

Zephyrus M16 (GU603)

Strix Bekas Luka 15 (G533)

Strix G15 (G513)

ASUS BR1100

ASUS ExpertBook B9

Selain laptop yang terdaftar, daftar lengkap perangkat yang kompatibel dapat ditemukan di sini: https://www.asus.com/microsite/2021/windows11/ph/device/ . Sementara itu, laptop ASUS dan ROG yang akan datang akan mendapatkan Windows 11 yang sudah diinstal sebelumnya.

Jika Anda melewatkan pengungkapannya, Windows 11 menghadirkan banyak fitur, termasuk UI yang dirubah, fitur multitasking yang ditingkatkan, gaming yang ditingkatkan dengan DirectX12 Ultimate, DirectStorage, AutoHDR, dan fitur layar sentuh yang ditingkatkan. Padahal fitur terbesar Windows 11 bisa dibilang dukungan aplikasi Android asli

Dengan Windows 11 , Microsoft telah mengambil risiko dengan mengubah sistem operasinya, meskipun banyak dari perubahan tersebut tidak lebih dari sekadar window dressing. Windows 11 adalah respons terhadap persaingan dari Apple dan Google, yang keduanya telah menggerogoti sistem operasi desktop terdepan di pasar dengan desain baru yang apik.

Meskipun tampilannya diperbarui secara drastis untuk menanggapi persaingan, Windows 11 berfungsi seperti halnya Windows 10—dengan fitur dan kenyamanan tambahan yang menonjol. Datang setelah enam tahun peningkatan ho-hum, perombakan besar-besaran pada tampilan dan nuansa sistem operasi desktop paling populer di dunia ini adalah berita yang disambut baik: Penggemar Windows akhirnya memiliki sesuatu untuk membuat mereka bersemangat.

Terlepas dari tampilan baru OS yang mulus, kami terkejut bahwa menggunakannya tidak terasa berbeda dari Windows 10 . Itu masih menjalankan semua aplikasi yang sama, dan sebagian besar dari apa yang baru berarti memasang kembali dan mengatur ulang furnitur.

Tentu, Windows 11 terlihat lebih bagus dengan sudut membulat untuk semua jendela, ikon Taskbar di tengah, ikon yang lebih sederhana, dan dialog Pengaturan yang lebih elegan, tetapi tidak terasa benar-benar asing atau memerlukan proses yang sama sekali baru seperti yang dilakukan Windows 8. Antarmuka baru menarik, tetapi jika Anda lebih suka tampilan gaya Windows 10 yang lebih familiar , Anda mungkin ingin tetap menggunakan Windows 10.

Windows 11 masih dalam proses. Seperti halnya Windows 10, Anda dapat memberi tahu perusahaan apa yang ingin Anda lihat ditambahkan ke perangkat lunak dalam aplikasi Hub Umpan Balik khusus, dan Anda mungkin terkejut melihat seberapa sering ia mendengarkan. Siapa pun dapat mendaftar untuk versi pratinjau OS melalui Program Windows Insider .

Ini memungkinkan Anda mengalami fitur baru sebelum tersedia untuk rilis umum. Pembaruan besar berikutnya, 22H2 (kadang-kadang disebut oleh analis Windows sebagai Sun Valley 2 ) diharapkan menambahkan opsi menu Start, beberapa aplikasi stok yang didesain ulang, dan kecerdasan pembelajaran mesin.

Apa Persyaratan dan Bagaimana Anda Mendapatkan Windows 11?

Windows 11 diluncurkan pada 5 Oktober 2021 . Pada awalnya, pemutakhiran akan datang ke PC baru dan baru, dan kemudian akan ditawarkan gratis ke sistem Windows 10 secara bergulir, berdasarkan konfigurasi perangkat keras yang divalidasi. Peluncuran akan selesai pada pertengahan 2022. Survei terbaru dari AdDuplex (Februari 2022) menunjukkan Windows 11 digunakan di hampir 20% PC , yang tidak signifikan, mengingat 1,3 miliar perangkat menjalankan Windows.

Harga belum diumumkan untuk non-upgrade—yaitu, pembuatan PC DIY, instalasi mesin virtual, atau komputer non-Windows 10. Saya berharap harga untuk lisensi mandiri tetap seperti untuk Windows 10—$134 untuk Home dan $200 untuk edisi Pro—tetapi masih belum ada info dari Microsoft mengenai opsi tersebut, bahkan berbulan-bulan setelah peluncuran Windows 11.

Banyak yang telah dibuat atas persyaratan sistem untuk Windows 11, tetapi mereka sangat rendah: CPU 1GHz, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB. Prosesor 64-bit akan diperlukan; tidak ada lagi OS versi 32-bit. Anda juga memerlukan komputer dengan chip keamanan TPM dan kemampuan Boot Aman.

Itu bukan masalah daripada yang dibuat oleh internet, karena sudah menjadi standar pada kebanyakan PC selama enam tahun terakhir atau lebih. Pembatas sebenarnya adalah model CPU, yang harus dari sekitar empat tahun terakhir. Microsoft baru-baru ini merilis ulang alat yang menilai kemampuan PC Anda untuk menjalankan Windows 11, aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC , dan perusahaan mengumumkan lebih banyak PC yang dapat ditingkatkan ke sana.