Empat Tahun Menjelajah Mars, NASA Hentikan Misi InSight Mars karena  Kehabisan Energi

 

Visi Insight punya Instansi Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) sah usai sesudah lebih dari 4 tahun lakukan eksploitasi di Mars.

Hal tersebut terjadi sesudah kontrol visi di Jet Propulsion Laboratory (JPL), South California, A tidak bisa mengontak InSight.

Diambil dari situs NASA, beberapa periset mengaitkan energi memiliki tenaga surya sarana itu sudah habis. Seorang insinyur negara sisi mengatakan sebagai “bis mati”.

Insight di Mars Lenyap Contact, Check Gambar Terakhir kalinya Saat sebelum Pensiun

Dengan debu tutupi panel surya, InSight kehilangan kekuatannya untuk isi ulangi sepanjang beberapa bulan. Pada musim semi, InSight bekerja cukup dengan sepersepuluh daya pendaratannya.

NASA terus akan dengarkan signal dari pendarat atau The Lender, untuk mengantisipasi jika sarana itu memperoleh energi dari matahari.

Akan tetapi, dengar komunikasi darinya sekarang ini dipandang tidak mungkin. Akhir kali InSight berbicara dengan Bumi yakni pada 15 Desember, berdasar laporan Reuters.

“Saya melihat penyeluncuran dan pendaratan visi ini, dan saat ucapkan selamat tinggal pada pesawat ruangan angkasa selalu memilukan, sains mengagumkan yang sudah dilakukan InSight pantas dirayakan,” kata Thomas Zurbuchen, petinggi federasi Direktorat Visi Sains NASA di Washington.

Insight landing di Mars pada 26 November 2018. Tugasnya, pelajari susunan interior dan formasi Mars sepanjang 709 sol atau 728 hari (perhitungan waktu Bumi).

Seperti banyak robot Mars NASA yang lain, pendarat sudah jauh melebihi durasi waktu visi yang diperkirakan. Per 20 Desember Insight telah terhitung 1.445 sol di Mars.

Baca Juga: Reksa Dana: Apa Itu dan Bagaimana Cara Berinvestasi Di Dalamnya

Data seismik dari visi Program InSight ini tawarkan wacana hebat bukan hanya ke Mars tapi juga beberapa benda berbatu yang lain, terhitung Bumi.

“Kami memandang InSight sebagai rekan dan mitra kami di Mars sepanjang empat tahun akhir, jadi susah untuk ucapkan selamat tinggal,” kata Bruce Banerdt dari JPL, penyelidik khusus visi itu.

“Tetapi ia telah memperoleh pensiun yang paling pantas,” sambungnya.

Insight, yang disebut akronim dari Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport, mempunyai visi pelajari sisi dalam Mars.

Data dari InSight sudah hasilkan detil mengenai susunan sisi dalam Mars, beberapa sisa yang paling kuat di permukaan dinamo magnetnya yang sudah musnah, cuaca di Mars dan kegiatan gempa.

“Dengan InSight, seismologi jadi konsentrasi visi di luar Bumi untuk pertamanya kali semenjak visi Apollo, saat astronaut bawa seismometer ke Bulan,” kata Philippe Lognonné dari Institut de Physique du Globe de Paris.

Lognonné yang bekerja sebagai periset khusus seismometer InSight menjelaskan faksinya membuat inovasi baru dengan InSight dan team sains dapat senang dengan semuanya yang sudah didalami sejauh ini.

By roket