Wisata Menakjubkan Curug Layung Lembang

foryoutour.co.id – Terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu, Curug Layung Lembang menawarkan pesona air terjun yang indah dengan kawasan hutan pinus yang rimbun disertai dengan sungai jernih yang mengalir di lahan bertingkat. Anda dijamin akan merasa tenang dan damai saat menyaksikan pemandangan alam yang fantastis ini. Pesona keindahan air terjun yang dikelilingi pepohonan pinus seakan membawa sensasi sejuk dan menyegarkan bagi jiwa dan raga. Dengan luas air terjun yang mencapai 11,6 hektar dan ketinggian 4 meter ini dijamin tidak akan mengecewakan Anda, karena selain menikmati pemandangan alam, Anda juga bisa merasakan kesegaran dan kesejukan air yang berasal dari Sungai Cimahi.

Wisata Menakjubkan Curug Layung Lembang

  1. Memiliki pemandangan yang bagus

Air terjun yang berada di ketinggian 1.400 mdpl ini berada di bawah naungan Perhutani KPH Bandung Utara. Curug Layung ini mempunyai keistimewaan yang berupa tiga tingkat air disertai dengan pemandangan alam Gunung Tangkuban Perahu yang indah. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan di Curug Layung Lembang? Pesona indah tentunya menikmati pemandangan alam. Dengan pemandangan hutan pinus di kaki Gunung Tangkuban Perahu, Anda dapat mengikuti dua jalur untuk menuju air terjun.

  1. Pohon Pinus yang Berjajar Sepanjang Jalan

Jalur pertama melalui pintu gerbang utama yang medannya lebih mudah dan dapat dilalui kendaraan roda empat. Anda akan langsung menemukan perkemahan di tengah hamparan hutan pinus setelah memasukinya. Sedangkan track kedua melewati gapura bawah dimana anda akan melewati hutan dan beberapa air terjun, diantaranya Curug Tilu. Meski kondisi medan dan waktu tempuh lebih menantang, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam perkebunan teh hijau yang asri. Namun perlu diingat, trek ini lebih cocok untuk kamu yang bukan amatir, karena tingkat rintangan yang ada di sepanjang trek akan sedikit menantang.

Pesona keindahan alam Curug Layung Lembang

  1. Air Terjun

Pesona utama Curug Layung Lembang tentu saja panorama air terjunnya yang indah. Setelah menapaki trek 500 meter hingga 1 kilometer dari pintu gerbang masuk, kamu akan mulai menikmatinya, lho. Masalahnya di sepanjang jalan setapak ini kamu akan disuguhkan berbagai spot foto dengan kesan alam yang asri, mulai dari kawasan hutan pinus hingga terowongan yang terbuat dari ranting pohon cantik yang membusuk. Anda pasti tidak tahan selfie atau wefie dari semua pemandangan indah ini.

Meski Curug Layung tidak terlalu tinggi, namun sejuknya aliran sungai Cimahi mengalir melalui tiga tingkat anak tangga dengan sungai atau leuwi dengan ukuran berbeda. Sebagai air terjun utama, tingkat pertama memiliki danau berukuran sedang, sedangkan di tingkat kedua yang dipisahkan oleh jembatan bambu dan batu, Anda dapat melihat danau memanjang yang juga dialiri air sungai yang jernih.

Tingkat ketiga merupakan air terjun tertinggi dan terluas yang memiliki beberapa aliran air yang cukup deras. Pesona air terjun ketiga ini begitu indah hingga menyerupai air terjun asal Amerika Serikat yang diberi julukan Little Niagara. Anda bisa puas bermain air di sungai dangkal di bawah air terjun, namun tetap harus berhati-hati, karena bebatuannya sedikit.

  1. Hutan Pinus

Karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu, kamu juga bisa menikmati pesona alam hutan pinusnya lho. Area Curug yang luas memberikan pemandangan alam Gunung Tangkuban Perahu beserta pepohonan yang rimbun dimana Anda dapat menggantung hammock untuk bersantai. Sedangkan di pinggiran hutan pinus, tepatnya di sisi jurang dan tebing, Anda akan menemukan beberapa deck panorama untuk menikmati pemandangan alam. Pihak pengelola memberikannya demi kenyamanan dan kepuasan anda lho, dek yang terbuat dari ranting pohon dan kayu ini dibentuk dalam berbagai bentuk. Baik itu balkon sederhana atau kursi apung dan perahu, jangan lewatkan untuk mengabadikan panorama yang menakjubkan dengan ponsel atau kamera Anda.

  1. Selfie Ramah Lingkungan atau Wefie Spot

Seolah tak ingin ketinggalan zaman, pengelola juga menyediakan spot selfie atau wefies untuk Anda. Sesuai dengan trend terkini, bukan? Wisata selfie atau wefie yang ditawarkan berupa spot-spot unik berbahan botol sampah bertaburan warna-warna cerah. Namun keberadaan spot-spot tersebut tidak hanya untuk selfie atau wefies, pengelola juga ingin mengingatkan Anda sebagai pengunjung untuk bersama-sama menjaga kebersihan kawasan wisata tersebut. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, melainkan di tempat yang tersedia.

By Drajad